Penyuluhan Ecoprint dan penyuluhan pengelolaan website desa KKN UNS 2019

Penyuluhan Ecoprint dan penyuluhan pengelolaan website desa KKN UNS 2019

Windujaya, Banyumas – Gapaiasa Banyumas KKN UNS 2019 mengadakan penyuluhan mengenai ecoprint dan pengelolaan website desa. Penyuluhan diselenggarakan di Balai Desa Windujaya. Yang menjadi sasaran dari kegiatan penyuluhan ini adalah remaja karang taruna desa windujaya, selain itu ada beberapa organisasi seperti IPNU, IPPNU, dan Pemuda Pancasila.

Penyuluhan ecoprint bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai pembuatan motif kain yang menggunakan bahan alami (daun atau bunga). Teknik ini mudah diterapkan di rumah masing – masing mengingat bahan - bahannya mudah di dapat. Cara yang paling sederhana untuk membuat motif kain ecoprint dengan meletakkan daun atau bunga di atas kain, kemudian dipukul menggunakan palu. Daun atau bunga akan meninggalkan bekas warna pada kain. Proses sederhana ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun hasil pewarnaannya tetap unik dan menarik. Produk ecoprint nantinya bisa menjadi opsi penghasilan masyarakat ataupun menjadi penghasilan utama bagi masyarakat yang memiliki minat mengembangkan kain bermotif ini menjadi produk yang lebih diminati dan bernilai jual tinggi.

Sedangkan penyuluhan mengenai pengelolaan website adalah sebuah program kerja yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi (IT) yang ada. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memperkenalkan potensi yang ada di desa Windujaya. Mengingat sekarang kita sudah berada di era yang memudahkan perkembangan teknologi, dimana teknologi dan informasi memiliki peran yang sangat penting dalam memperkenalkan potensi desa. Disini saya menggunakan website desa yang ada untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi desa, sehingga bisa menarik perhatian masyarakat lain untuk mengetahui potensi yang ada di desa Windujaya

 

 

Related Posts

Komentar