Gebyar Budaya Grebeg Suro, Arakan Gunungan Hingga Wayang Kulit

Gebyar Budaya Grebeg Suro, Arakan Gunungan Hingga Wayang Kulit

Windujaya, Kec. Kedungbanteng-Menjadi agenda tahunan, setiap menyambut Bulan Suro warga Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng melaksanakan pesta adat. Mulai arak-arakan gunungan, ruwat desa hingga pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Berlokasi di lapangan Desa Windujaya (Jum'at, 6/9) seluruh masyarakat sangat antusias.

Kepala Desa Dianto Darto, mengatakan, arakan gunungan, pagelaran wayang dan ruwat tersebut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena desa Windujaya telah diberikan anugerah yang luar biasa, diberikan tanah yang subur, diberikan hasil bumi yang melimpah sekaligus untuk melestarikan seni tradisi. Mudah-mudahan dengan ruwat bumi ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah.

“Antusias masyarakat ini sangat besar dengan acara ruwat sedekah bumi, dengan terlaksananya  tradisi ini hubungan masyarakat desa dengan pemerintah desa akan lebih baik” ungkap Sunaryo selaku sekdes.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk turut hadir Bupati Kabupaten Banyumas Ir. Achmad Husein dan Camat Kedungbanteng Dra. Amie Witasari.

 

 

Related Posts

Komentar